best counter Sultan HB X: Tak Perlu Takut! Penyerangan Gereja di Sleman - Liputan UKM
Sudah saatnya usaha kreatif, yang selama ini berjualan dengan cara pasif menunggu pembeli datang atau berjualan dengan door to door harus meningkatkan transaksinya dengan pemasaran yang lebih up to date, melalui sistem on line. Mausaya.com
Sultan HB X: Tak Perlu Takut! Penyerangan Gereja di Sleman

Sultan HB X: Tak Perlu Takut! Penyerangan Gereja di Sleman




Penyerangan Gereja di Sleman, Sultan HB X: Tak Perlu Takut!



Sultan menjelaskan, selama ini pemerintah sebenarnya telah berupaya mencegah kekerasan dalam beribadah. Buktinya dalam setiap kegiatan keagamaan aparat kepolisian hadir mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

"Dalam kewajiban ibadah seperti hari Minggu tadi pagi, aparat itu juga selalu ada (di TKP). Tetapi ternyata tetap ada korban, biarpun aparat juga sudah ada," ungkapnya.

"Jadi seperti polisi yang menembak (pelaku) itu kan memang yang tugas untuk menjaga di situ. Sebetulnya (pengamanan) itu baik yang terbuka maupun yang tertutup (sudah dilakukan aparat), dalam arti yang terbuka pakai seragam yang tertutup tidak pakai seragam," lanjutnya.

Kemudian Sultan meminta segenap masyarakat Yogyakarta mengedepankan roso atau rasa dalam bertindak. Sebab, kata Sultan, bila masyarakat mengedepankan rasa maka tindakan intoleransi dalam beragama tidak akan terjadi.

"Khususnya orang Yogya itu kan kalau berbicara opo seng dirasakke (apa yang dirasakan), ora seng dipikirke (tidak yang dipikirkan). Budaya kita kan itu. Karena kalau yang dipikirkan kan bisa bohong, kalau yang dirasakan tidak bisa bohong," sebutnya.

Karena karakteristik warga Yogya lebih mengedepankan rasa, Sultan tidak mengetahui bagaimana bisa kasus penyerangan gereja terjadi di wilayah ini. Sultan menduga kasus intoleransi ini terjadi karena tidak dilandasi kesadaran segenap elemen masyarakat.

"Tidak bisa kalau kesadaran itu hanya sepihak. Kesadaran itu harus semua pihak, saling menjaga, begitu. Saling menjaga itu dalam arti ada kesadaran masyarakat. Semestinya apa yang harus dilakukan, jadi roso (rasa) itu yang bicara," pungkas dia. 













" Tingkatkan Penjualan dan Kembangkan Usaha Anda bersama m ausaya. com "

 Daftar